14 August 2008

Gegar Budaya

Barangkali sudah terlampau telat menyadari, bahwa meniru adalah perilaku bayi agar cepat dianggap pinter oleh orangtuanya.

Ada seorang teman yang terheran-heran, bayinya bisa bermimik seperti dia. Bahkan ada seorang ibu yang tertawa-tawa heran, bercerita; eh tji, anakku sudah bergumam sepertiku loh...

Haduh...si emak muda ini gak tahu, betapa jagonya bayi meniru dan merekam, mangkanya ati-ati kalo memaki. Hari ini barangkali gak akan berbunyi, ntar kalo sudah remaja, baru tahu rasa. Kebingungan, anaknya jago banget memaki. Padahal meniru dari emaknya sendiri.

Seperti halnya tahun 80an atau 90an.
Demam meniru petingkah musik terbawa hingga pentas sekolah, sampai-sampai ada kepala sekolah di kota besar harus dimutasi ke pelosok desa, hanya salah menegur.
Gimana gak salah menegur, yang ditegur anak seorang gubernur, agar tidak meniru Janet Jackson waktu pentas sekolah...

Si anak mengadu ke bapaknya, dan karena si bapak adalah penguasa propinsi, gampang saja, tak perlu ditegur, pindahkan saja si kepsek ini ke daerah pelosok, hanya gara-gara pikirannya yang ndesit. Ndak bisa ngikuti jaman.

Wong niru petingkah di video saja, kog dilarang. Ndak bener ituuu...

Apalagi sekarang... saat budaya demokrasi sudah begini muuaajuu... kentut saja boleh pake mikropon.. bahkan saat nonton presiden ngoceh pun ndak usah repot, pengen kentut ya kentut..sudah hak-nya. Coba hanya gara-gara menghormati, mosok harus nahan kentut, apa kalo mules, apa ya presiden yang ngerokin ?

Sudahlah..hargai saja hak kentut berbunyi dan berbau...itu manusiawi.

Sama saja, dengan orang ngomong, perkara ada yang tersinggung sampe jengkel. Yaa salah sendiri kog dengar. Ndak mau dengar, ya ngapain masih pasang kuping.
Goblok bener, ndak suka, kog masih ndengerin.

Atas nama kekritisan, sejelek apa pun yang harus didengar.

Mosok ndak malu sama Rasulullah. Menjelang Beliau hendak berpulang aja, masih bertanya, apa ada yang merasa berpiutang dengan Beliau.
Saat ada yang mengaku, ya..Anda, yaa Rasulullah, masih punya utang sama saya, utang pukulan.

Lhaaah...sontak yang dengar, marah.
Kurang ajar banget ni orang, seorang pemimpin umat dibegitukan.. apa ndak malah sedih, mau ditinggal selamanya.

Ituuu...duuuluuu....
kritis yang santun, dan berhadap-hadapan.

Lhaaah..ini ?
santun...darimananya ?
dianggap beragama..darimananya ?
apa ya asal bisa dianggap kritis, dan dibiarkan, ndak peduli makan sekolah atau enggak ?
Lhah..ini gantian bego deh...

Semakin tua, semakin tinggi tingkat pergaulan, rasanya kesantunan makin tinggi, dan bahasa yang dipake tuh makin tinggi maknanya... enggak asbun...asal bunting eh...salah... asal bunyi.

Kekritisan berpikir ala anak SD, yang dikit-dikit tanya harus pula dibedakan dari kekritisan seorang ibu rumah tangga yang dikit-dikit tanya mengapa ada hubungan kenaikan harga listrik sama naiknya harga cabe-kriting.

Jangan-jangan marmotji memang sudah waktunya dibuang ke desa pelosok, saking ndesitnya. Ndak tahu jaman sudah berubah.

Marmotji sih sudah selalu mikir, semakin peka perasaan kita, barangkali sudah saatnya semakin tajam rasa takut menyinggung hati orang lain.
Bukan malah makin tahu macam-macam, trus seenak udhel, teriak-teriak, nuding-nuding, bahwa semuanya goblok dan ndak tahu diri.
Barangkali marmotji sudah lupa ada yang namanya Gegar Budaya.
Ada orang yang sangat merasa tahu, dan merasa berhak teriak-teriak kacak pinggang atas nama kritis..dan dibiarkan lepas dijalanan memajang aurat lingkungan, tanpa pernah bisa tahu bagaimana memperbaikinya...

Rasanya mending ndlosor di jalan, lalu Gegar Otak, daripada Gegar Budaya, karena nyakitin orang yang mustinya tak perlu terkena.
Kog nyuruh orang sakit, mbokyo sakit sendiri aja kenapa ?

2 comments:

Anonymous said...

lg was-was..ntar si kecil muter ulang isi kaset bpk ato ibunya ya..

bhs marmotji-an emang ggrrrrr.. :)

marmotji said...

hehehehe...gak boleh gemezz gituu...